Berita
Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi KPI adakan Bimtek Multimedia

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi KPI adakan Bimtek Multimedia

UINSAIZU.AC.ID- Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Multimedia untuk mahasiswa. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Fakultas Dakwah, Rabu (11/9/2024).

Bimtek dihadiri Ketua Jurusan Manajemen dan Komunikasi Islam Uus Uswatusolihah dan Koordinator Prodi KPI Dedy Riyadin Saputro. Dua narasumber berpengalaman dihadirkan, yakni Nanang Anna Noor, jurnalis dan penulisan naskah siaran TV dan Arif Faozi Fadilla selaku video editor.

Uus Uswatusolihah menyebutkan, Bimtek Multimedia bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam penulisan naskah siaran televisi dan editing video. “Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 mahasiswa dari Prodi KPI Fakultas Dakwah,” ujarnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi atas antusiasme mahasiswa dan menekankan pentingnya memanfaatkan peluang untuk mengasah keterampilan. “Jangan sia-siakan kesempatan yang ada, karena kesempatan belum tentu datang dua kali,” tutur dia.

Untuk kegiatan Bimtek Multimedia dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, Nanang Anna Noor memaparkan langkah-langkah praktis dalam menulis naskah siaran TV. Nanang, yang merupakan jurnalis senior, menjelaskan proses siaran mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi.

Dia menekankan, ide kreatif merupakan kunci untuk menciptakan program siaran yang menarik. “Program siaran yang kita tonton hari ini adalah hasil dari ide-ide brilian para pelaku media,” jelasnya.

Sesi kedua diisi Arif Faozi Fadilla, yang berbagi pengalaman dalam dunia videografi. Berawal dari hobi mengedit video melalui media sosial, Arif kini telah menjadikannya sebagai profesi. Dia mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi dan aplikasi video editing yang tersedia luas.

“Mengolah video tidak sulit, asal ada kemauan,” ujarnya. Menurutnya, melalui kegiatan ini, Prodi KPI UIN Saizu berharap mahasiswa dapat memperkuat bekal soft skill dan hard skill mereka untuk menghadapi dunia kerja di bidang media dan komunikasi.

Dengan pelatihan ini, diharapkan mahasiswa KPI dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan di industri media serta mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dalam praktek nyata.

Kegiatan Bimtek ini menegaskan komitmen Prodi KPI UIN Saizu dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional yang unggul dan kompeten di bidang komunikasi dan penyiaran.

UIN Saizu Maju, UIN Saizu Unggul!!!

uinsaizu #uinsaizupurwokerto #uinsaizumaju #uinsaizumaju #uinsaizuunggul #purwokerto #kampushijau

Caption Foto :

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah UIN Saizu Purwokerto menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Multimedia untuk mahasiswa. (Foto : Dok UIN Saizu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PEMBERITAHUAN PERKULIAHAN DI KAMPUS PURBALINGGA

FAKULTAS_DAKWAH, MENYALAAA 🔥🔥🔥


Mulai Semester depan tahun Akademik 2024/2025 (angkatan baru semua prodi dan semester III khusus Prodi Informatika, Arsitek, Ilmu Lingkungan dan Perpustakan dan Sains Informasi). Pelaksanaan Perkuliahan Program Studi BKI, KPI, MD, PMI, Informatika, Arsitek, Ilmu Lingkungan, dan Perpustakaan dan Sains Informasi) akan dilaksanakan di Kampus II Purbalingga

This will close in 20 seconds