KPI

1. NAMA PROGRAM STUDI Komunikasi dan Penyiaran Islam
2. VISI Pada tahun 2024, menjadi Program Studi yang unggul di tingkat nasional dalam pengkajian dan pengembangan komunikasi dan penyiaran Islam untuk mewujudkan masyarakat berkeadaban.
3. MISI a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran komunikasi dan  penyiaran Islam yang inklusif dan integratif

b. Melakukan dan mengembangkan penelitian komunikasi dan penyiaran Islam

c. Melakukan pengabdian kepada masyarakat berbasis keilmuan komunikasi dan penyiaran Islam.

 

4. KOMPETENSI PRODI a.       Kompetensi Utama:

1)      Menguasai landasan dasar dan filosofis Dakwah Islam

2)      Menguasai materi-materi pokok keislaman dan kemasyarakatan

3)      Menguasai metodologi dakwah

4)      Menguasai jurnalistik, penerbitan dan percetakan

5)      Menguasai metode dan tehnik penyiaran

6)      Menguasai bentuk-bentuk penyiaran

7)      Menguasai karakteristik masyarakat

b.      Kompetensi Pendukung:

1)      Menguasai pengetahuan fotografi

2)      Menguasai design grafis dan multimedia

3)      Memiliki pemahaman tentang organisasi dakwah

4)      Memiliki sikap enterpreneurship

5)      Memiliki kemampuan persuasif dalam mendprong kesadara masyarakat

6)      Menguasai tehnik-tehnik motivasi dan pelatihan

 

5. CAPAIAN PEMBELAJARAN a.     Mampu melaksanakan dakwah Islam yang persuasif, humanis dan moderat berdasarkan keilmuan dan etika dakwah

b.     Mampu menulis materi dakwah di media cetak, elektronik dan media on line sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat.

c.     Mampu mengelola aspek teknis hubungan publik dan komunitas (public and community relation technical framework) misalnya Event Organizer, Public Relations Officer (PRO), Media Relation Officer, dan lain-lain.

d.     Mampu menjadi advokasi dan kebijakan media komunikasi (advocacy and policy of media and communication chanel framework) misalnya analis isi media massa, aktivis advokasi media, pembuat kebijakan dan lain-lain.

e.     Mampu mengelola pengarusutamaan literasi informasi (information literacy mainstreaming Framework) misalnya, trainer, juru penerang, dan lain-lain.

f.      Mampu menjadi da’i professionalis (Professional da’i Framework) misalnya, mubaligh, orator, penulis buku-buku Islami dan lain-lain.

g.     Mampu melakukan mediasi dalam mengatasi konflik sosial keagamaan, antar da’i, dann media dalam masyarakat multi agama.

h.     Mampu menyusun program, desain dan pengembangan media komunikasi penyiaran Islam berdasarkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

i.      Mampu menjalankan fungsi kehumasan pada instansi pemerintah dan swasta (tenaga PR), mengelola event-event seremonial (keprotokolan) sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat.

j.      Mampu mendesain, mengelola dan mengembangkan lembaga komunikasi dan penyiaran Islam

k.     Mampu mengkaji berbagai regulasi yang terkait dengan program komunikasi dan penyiaran Islam.

l.      Mampu melaksanakan penyiaran, sinematografi, fotografi, shooting, editing, dubbing dan kegiatan komunikasi dan penyiaran lainnya.

m.   Mampu mengelola produksi siaran radio/televisi, media cetak dan media on line.

n.     Mampu menciptakan karya-karya kreatif dalam industri media seperti spot iklan radio dan televisi, desain grafis untuk media cetak dan on line, film film pendek dan dokumenter yang bernuansa Islami sebagai media komunikasi dan penyiaran Islam

1.       Rumusan Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Program Studi

a.       Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai

Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Umum dan Tata Nilai
Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, spesialis, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut:

1)        Bertakwa kepada Allah Swt dan mampu menunjukkan sikap Islami;

2)        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

3)        Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

4)        Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara

5)        Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

6)        Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

7)        Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

8)        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

9)        Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

10)    Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

11)    Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;

12)    Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya

 

b.      Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan

1.       Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum

Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum
Lulusan program sarjana  wajib memiliki pengetahuan umum sebagai berikut:

a)         Memiliki pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, dan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;

b)        Memiliki pengetahuan terkait dengan cara mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Inggris, Arab dan Indonesia secara  baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

c)         Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

d)        Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;

e)        Memiliki pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin

f)          Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keislaman sebagai paradigma keilmuan;

g)         Memiliki kemampuan ilmu dakwah, ilmu komunikasi dan penyiaran Islam

h)        Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.

 

2.        Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Khusus Program Studi

Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Khusus Program Studi
Lulusan program sarjana Komunikasi Penyiaran Islam  wajib memiliki pengetahuan umum sebagai berikut :

a)         Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan kepenyuluhan, kepenulisan dan pengelolaan Komunikasi dan penyiaran yang baik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptatif yang dicerminkan dengan kemampuan memahami landasan teori, penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyiaran, pengembangan penyiaran dan kehumasan, pengembangan media baik konvensional maupun modern, penilaian terhadap isu-isu media kontemporer.

b)        Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan bidang keilmuan secara luas dan mendalam berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan (body of knowledge) Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islamiyang relevan dengan tuntutan standar isi satuan pendidikan dalam rangka  mewujudkan pembelajaran yang yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif;

c)         Kemampuan dalam melakukan penulisan ilmiah baik ilmiah murni maupun popular di media massa cetak, Elektronik maupun online.

d)        Kemampuan dalam menyampaikan penyuluhan, ceramah umum, khutbah, orasi pada beberapa event serta kemampuan memanaj dan mengorganisir acara (EO)

e)        Kemampuan mempublikasikan informasi melalui media cetak elektronik dan online

f)          Kemampuan menjadi tenaga humas yang profesional di instansi-instansi pemerintah maupun swasta.

c.       Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan

1.       Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum

Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum
Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

a.         Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam

b.         Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

c.         Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

d.         Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

e.         Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

f.          Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

g.         Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

h.         Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

i.           Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi

j.           Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan  keilmuan  dan kemampuan kerja;

k.         Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

l.           Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar

m.       Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)

n.         Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar.

2.       Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus Program Studi

Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus ProgramStudi

A.     Integrasi Profil dengan Capaian Pembelajaran

 

 

No

 

Profil Lulusan

Kompetensi/ Learning Outcomes
Utama Khusus/

Pendukung

Umum/Lainnya
1

2

3

4

5

Jurnalis

Humas

Entrpreneur Media

Mubaligh

Peneliti dan Akademisi

§ Bidang sikap dan tata nilai

 

1.  Menjunjung tinggi nilai-nilai keIslaman yang mencakup ketakwaan terhadap Allah SWT, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, internalisasi nilai dan norma,

2.  Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesiaan dan kemasyarakatan, meliputi, penghargaan terhadap keanekaragaman, nasionalisme dan tanggungjawab bernegara, dan berbangsa, berdasarkan Pancasila;

3.  Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;

4.  Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya sebagai calon jurnalis, mubaligh dan peneliti dan akademisi serta entrepreneur media

5.  Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi  masyarakat;

6.  Menampilkan diri sebagai pribadi yang  stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas;

7.  Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.

8.  Menunjukkan etos kerja,  tanggung jawab, rasa bangga dan cinta menjadi Jurnalis, mubaligh, entrepreneur media dan peneliti dan akademisi  dan percaya diri.

9.  Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Jurnalis, mubaligh, entrepreneur media dan penelitidan akademisi

10.               Mampu menganalisis dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data dan informasi terkait dengan penyusunan dan pengembangan program media komunikasi dan penyiaran Islam yang up to date dan secara kreatif menciptakan produksi siaran sesuai kode etik keahlian masing-masing.

11.               Mampu menunjukkan perilaku Islami dalam  bidang entrepreneur

12.               Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang komunikasi dan penyiaran Islam secara mandiri. Bertanggungjawab, arif, dan mampu menjadi teladan  dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai muballigh dalam bidang multimedia

13.               Mampu menunjukkan perilaku Islami dalam kegiatan komunikasi dan penyiaran Islam dimasyarakat.

14.               Mampu menunjukkan perilaku Islami dalam kegiatan akademik dan penelitian

§ Bidang Pengetahuan

 

15.   Mampu memahami teori tentang keagamaan Islam dan keindonesiaan dalam berbangsa dan bernegara;

16.   Menguasai teori-teori komunikasi dan penyiaran berbasis nilai-nilai Islam  dan memformulasikan penerapannya dalam berbagai media.

17.   Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan pengelolaan media komunikasi dan penyiaran Islam yang baik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

18.   Menguasai konsep teoritik tentang pengembangan diri dan karir

19.   Menguasai menguasai konsep tentang pengelolaan  kegiatan dan event kehumasan serta entertainment

20.   Menguasai pengetahuan bidang penyiaran, public speaking, programmer media komunikasi dan penyiaran Islam.

21.   Mampu memahami dan menjelaskan teori-teori dasar ilmu komunikasi

22.   Menguasai pengetahuan bidang kehumasan, MC, Keprotokolan, perancangan dan desain agenda

23.   Menguasai teori tentang metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dalm ilmu komunikasi

24.   Menguasai substansi kajian ilmu komunikasi dan penyiaran Islam (KPI) secara  mendalam dalam rangka mengungkap persoalan–persoalan komunikasi dakwah berbasis media.

§ Bidang Keterampilan

 

25.   Terampil mengaplikasikan teori jurnalistik yang meliputi kegiatan reporting, writing, lay-outing, editing, dan publishing.

26.   terampil dalam bidang broadcasting yang meliputi text writing untuk radio dan televisi, shooting, directing, editing, dubbing, switching, announcing, dan produksi program dakwah.

27.   Terampil menciptakan karya-karya kreatif dalam bidang multimedia seperti spot iklan radio dan tv, desain grafis untuk media cetak dan online, film pendek dan dokumenter yang bernuansa islami sebagai media komunikasi dan penyiaran Islam.

28.   Terampil berkomunikasi di depan public

29.   Terampil dalam berdakwah dengan menggunakan  pendekatan persuasif, humanis dan moderat berdasarkan keilmuan dan etika dakwah

30.   Terampil menulis  materi dakwah di media cetak, elektronik dan media on line sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat

31.   Terampil dalam mengimplementasikan penelitian komunikasi dan penyiaran Islam dalam pengembangan masyarakat Islam yang berbasis literasi media

32.   Terampil n dalam melakukan riset media

33.   Mampu melakukan analisis social

 

§ Bidang sikap dan tata nilai

1.  Menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik,

2.  Menunjukkan sikap bertanggug jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri,

3.  Mengnternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan,

4.  Menjunjung tinggi dan menginternalisasikan nilai-nilai etika keislaman,

5.  Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan, dan otonomi akademik yang diembannya.

§ Bidang Pengetahuan

6.  Mampu menganalisis persoalan-persoalan keilmuan

7.  Mengetahui dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin serta mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan secara terus menerus

8.  Mampu melaksanakan akhlak mulia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang humanis, inklusif dan religius

9.  Mampu menerjemahkan Islam dalam konteks budaya lokal dan nasional

§ Bidang Keterampilan

10.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan  keahlian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi dan gagasan.

11.   Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

12.   Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

13.   Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

14.   Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

15.   Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

16.   Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.

17.   Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja.

18.   Mampu berkomunuikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan Bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (non akademik).

19.   Mampu membaca Al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar.

20.   Mampu menghafal Al-Qur’an juz 30 (juz ‘Amma).

21.   Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan doanya dengan baik dan benar.

§  Bidang sikap dan tata nilai

1.  Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dalam kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.

4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta bertanggung jawab pada bangsa dan negara.

5.  Menghargai keanekaagaman budaya, pandangan agama dan kepercayaan serta kepercayaan atau temuan rasional orang lain.

6.  Bekerja sama serta memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyrakat dan lingkungan.

7.  Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

§ Bidang Pengetehuan

 

8.  Mengeuasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi.

9.  Mengetahui pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (non akademik)

10.   Menguassai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam pperkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik).

11.   Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif, dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik.

 

§ Bidang Keterampilan

12.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

13.   Mampu menunjukkan kinerja mandiri dan terukur.

6. NO. SK PENDIRIAN PRODI Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor DJ. II/119/2002 Tentang Penyelenggaraan Program Studi Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto.
7. NAMA KAPRODI Uus Uswatusolihah, MA
8. SK PENETAPAN KAPRODI SK Rektor IAIN Purwokerto Nomor 637 Tahun 2019
9. MASA JABATAN KAPRODI 2019-2023